Ini Dia Ikan Cupang Jawara dengan Harga Rp20 Juta per Ekor


Halo teman-teman! Setelah sering sekali membahas tentang ayam aduan, kali ini team ayamkaisar akan membahas tentang Jenis Ikan Cupang Hias dan Aduan Termahal di Dunia.


Ikan cupang termahal di dunia
Ikan cupang termahal di dunia.

Ikan cupan atau ikan cupang ialah satu diantara tipe ikan hias yang ter populer di Indonesia. Ikan cupang ini memiliki bentuk tubuh yang cantik, sehingga banyak orang yang memiliharanya di aquarium ataupun tempat lainnya.

Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang sangat gampang untuk dipelihara bahkan dikembang biakkan. Ikan cupang (Betta sp.) yaitu jenis ikan air tawar yang banyak hidup di negara-negara tropis.

 Ikan cantik ini banyak kita temui di perairan Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan Indonesia menjadi salah satunya.

Habitat Ikan Cupang ada di rawa-rawa, danau, dan sungai yang berarus tenang.
Satu diantara keunggulan ikan cupang diantaranya yaitu daya tahannya terhadap lingkungan tempatnya hidup. Jenis Ikan cupang mampu hidup pada lingkungan air yang miskin oksigen.

Dengan kemampuan bertahan hidupnya yang luar biasa, membuat ikan ini mudah dipelihara dan dibudidayakan dalam toples kecil maupun aquarium tanpa menggunakan aerator.

Keunggulan ikan cupang ini disebabkan karena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada ikan lele dan ikan rawa lainnya. Labirin tersebut dapat membuat nya bertahan pada lingkungan yang miskin oksigen.

Ikan Cupang hias dipelihara untuk dinikmati keindahan bentuk, warna dan gerakannya. Sebaliknya ikan cupang adu dipelihara untuk di lagakan. Perlu kita ketahui bersama, di beberapa negara melagakan ikan cupang termasuk perbuatan yang ada konsekuensi sanki hukum.

Ikan cupang memiliki jenis yang beragam dan di setiap jenisnya mempunyai kekhasan masing-masing. Ikan hias yang satu ini mempunyai sifat yang unik. Dalam kehidupan alamiahnya, ikan ini cenderung gesit dan agresif saat melindungi diri dan daerah tempat tinggalnya.

Dalam kalangan para pecinta ikan cupang, ikan ini dibedakan menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah ikan cupang hias, dan ikan cupang aduan.

Ikan Cupang hias dan Ikan cupang adu dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan sifat agresifitasnya. Berdasarkan data Ilmiah, ada tidak kurang dari 75 spesies ikan cupang yang tinggal di bumi ini. Akan tetapi, hanya sebagian saja dari spesies tersebut populer sebagai ikan hias peliharaan.

Saat ini, Spesies ikan cupang yang banyak beredar di pasaran umumnya berasal dari kelompok splendens complex, yang meliputi Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis. Serta ditambah dengan jenis-jenis lain yang merupakan hasil silangan dari spesies-spesies tersebut.

Sekor ikan cupang dengan warna mirip bendera kebangsaan Thailand, laku terjual seharga 1.530 dollar AS atau kira-kira Rp 20 juta, dalam sebuah lelang online.
Angka ini mungkin menjadi rekor penjualan termahal di dunia, untuk ikan dengan sebutan betta fish tersebut.

Ikan cupang, atau the Siamese fighting fish  atau betta splendens, dikenal memiliki sirip yang berwarna-warni. Ikan jenis ini biasa dipakai sebagai ikan aduan.

Badan ikan tersebut berwarna biru, dengan garis putih horizontal di bagian perut, serta warna merah sejajar di sirip bawahnya.

Ikan unik ini menjadi perbincangan heboh di dunia maya, setelah pemiliknya Kachen Worachai mengunggah foto di grup lelang diFacebook.

Kachen mengatakan, dia mengharapkan ada orang yang mau membeli ikan tersebut.
Dia sempat terkejut ketika ada orang yang menawar dengan harga 285 dollar AS, di hari kedua setelah dia mengunggah foto itu. 

"Saya tak pernah menyangka ikan saya akan laku semahal itu," ungkap dia.
Lelaki berumur 40 tahun pemilik toko serba ada itu menangkarkan ikan cupang sebagai hobi.


Kachen mengatakan, harga tertinggi yang pernah dia terima adalah 671 dollar AS.
"Kesempatan untuk mendapatkan ikan cupang dengan warna semacam ini memang macam 1:100.000 ikan," ungkap dia.

"Telah banyak orang yang coba menangkarkan ikan sejenis untuk menghasilkan warna yang demikian, namun keberuntungan sedang berada di pihak saya," kata dia. (syaf/int)




Subscribe to receive free email updates: