Bawa 29 Penumpang, KM Mega Top III Asal Sibolga Sudah 13 Hari Hilang Kontak di Laut Nias

TASLAB NEWS, SIBOLGA- Sudah 13 hari Kapal penangkap ikan KM Mega Top III asal Kota Sibolga hilang kontak. Kapal tersebut dinyatakan hilang sejak Rabu 3 Januari 2018. 

Informasi diperoleh kapal itu membawa sebanyak 29 orang yang terdiri dari 28 anak buah kapal (ABK) ditambah 1 tekong hingga kini belum diketahui keberadaannya.

Pencarian kapal hilang
Pencarian kapal hilang



Wali Kota Sibolga Syarfi mengatakan, Basarnas Sibolga telah menerjunkan KN SAR Nakula untuk melakukan pencarian di kawasan Perairan Lahewa, Kabupaten Nias Selatan, Kepulauan Nias, Sumatera Utara.


"Sudah 13 hari hilang. Hingga kini belum menemukan jejak kapal nahas itu. Diperlukan bantuan yang canggih. Tapi ini bukan kapal saja, juga armada udara," katanya, Rabu (17/1).


Ia menuturkan, kapal nahas tersebut sudah masuk ke wilayah laut negara lain. Pihaknya juga telah melapor ke Basarnas Pusat, Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).

Dia melanjutkan, saat ini dibutuhkan peningkatan upaya pencarian, mengingat belum ada informasi penangkapan atau pengamanan kapal asal Indonesia dari negara-negara terdekat.

"Mudah-mudahan ABK masih selamat. Kalau diperkirakan ini ditangkap (oleh negara luar) atau ditarik ke pinggir. Kalau itu karena post mayor, itu biasanya diberitahukan ke kedutaan bahwa ada awak nelayan terdampar. Kan ini belum ada juga," pungkasnya. (syaf/ril)

Subscribe to receive free email updates: