3 Orang Ini Specialis Pembobol Warnet dan Toko, Pernah Beraksi di Siantar dan Tarutung

Sudah 25 Kali Beraksi

TASLAB NEWS, MEDAN- Tiga pelaku perampokan toko grosir, toko ponsel, toko elektronik dan warung internet (Warnet) di beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara diringkus personel Polsek Tanjungmorawa. Tiga orang tersangka ini sudah 25 kali beraksi dan pernah merampok warnet di Kota Pematangsiantar.

Ketiga tersangka specialis pembobol warnet dan toko yang sudah 25 kali beraksi di berbagai kota di Sumatera Utara
Ketiga tersangka specialis pembobol warnet dan toko yang sudah 25 kali beraksi di berbagai kota di Sumatera Utara


Informasi diperoleh, dari penangkapan itu, polisi berhasil mengamankan 1 unit mobil Toyota Kijang Innova, BK 1487 AS, warna hijau metalik, gunting besi, linggis, pisau dan playstation (PS 3).

Kapolsek Tanjungmorawa AKP Fredly didampingi Kanit Reskrim, Iptu OJ Samosir, Jumat (12/01) menjelaskan, penangkapan para pelaku berawal dari laporan polisi No: LP/02/I/2018/Res DS, tanggal 4 Januari 2018, atas nama korban Sofian Ardiansyah (27), warga Jalan Amir Hamsyah Gang Mangga No. 24, Dusun IV Desa Bandar Labuhan, Tanjungmorawa.

Dalam laporannya, pegawai honor Dinas Perhubungan Deliserdang itu mengatakan bahwa usaha warnetnya dibobol maling dan dia mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Kemudian tim buser Polsek Tanjungmorawa langsung melakukan penyelidikan.

Hasilnya polisi berhasil mengamankan Armansyah Lubis alias Kasno (46), Karmin (44). Keduanya merupakan warga Dusun V, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Tanjungmorawa. Keduanya diringkus dari kediamannya masing-masing. Namun Karmin, ayah dari 4 anak ini terpaksa ditembak betis kanannya oleh petugas karena mencoba melarikan diri saat dilakukan pengembangan.

Saat diinterogasi, Karmin dan Kasno, kakek dari 2 orang cucu itu mengaku jika barang bukti playstation disimpan di rumah salah satu keluarga Karmin di Desa Dalu X A, Kecamatan Tanjungmorawa. Polisi pun langsung bergerak ke sana dan mengamankan barang bukti playstation berikut mobil Toyota Kijang Innova, warna hijau metalik, BK 1487 AS, yang digunakan Kasno dan Karmin untuk beraksi.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, petugas pun mengamankan Kasno dan Karmin serta mobil dan barang bukti playstation ke Mapolsek Tanjungmorawa. Hasil interogasi terhadap kedua residivis spesialis toko antar Kabupaten, diakui mereka jika Asri Sirait alias Lae Rait (44), warga Jalan Sutra, Kecamatan Siantar Utara, Siantar juga pernah ikut beraksi.

Sirait kemudian diciduk dari kediaman abangnya di Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjungmorawa. Kepada petugas, ketiganya mengaku, bahwa sebelum aksi terakhir ini, mereka sudah 25 kali di beberapa kabupaten di Sumatera Utara, yaitu pada tahun 2011, Toko Grosir, Kabanjahe, Karo. Selain itu mereka juga sudah 2 kali beraksi di Warnet di Kota Binjai. Tahun 2012 mereka beraksi di warnet di Kota Binjai.

Sedangkan pada Tahun 2013 Toko Ponsel Laris Jaya, Jalan Irian, Kelurahan Tanjungmorawa Pekan, Deliserdang. Selain itu di Toko Grosir di Tiga Panah, Karo.
Mereka juga beraksi di Toko Grosir Kampung Pon, Sergai.

Bukan hanya itu, mereka juga pernah menggasak warnet Jalan Sudirman, Siantar pada tahun 2013, Toko Ponsel Jalan Merdeka Simpang Wahidin, Siantar pada tahun 2014, Toko Grosir dekat terminal Tarutung, Tapanuli Utara dan masih banyak lagi. Atas pengakuan itu, Kasno, Karmin dan Asri Sirait dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. (di/syaf)


Tabel Aksi Kejahatan Ketiga Tersangka
1. Toko Grosir, Kabanjahe, Karo tahun 2011
2. 2 kali beraksi di Warnet di Kota Binjai
3. Warnet di Kota Binjai
4. Toko Ponsel Laris Jaya, Jalan Irian, Kelurahan Tanjungmorawa Pekan, Deliserdang
5. Toko Grosir di Tiga Panah, Karo
6. Toko Grosir Kampung Pon, Sergai
7. Warnet Jalan Sudirman, Siantar
8 Toko Ponsel Jalan Merdeka Simpang Wahidin, Siantar
9.  Toko Grosir di Pasar Sore, Desa Tumpatan, Kecamatan Beringin, Deliserdang
10. Warnet Jalan Medan-Lubukpakam, Desa Tanjung Baru, Tanjungmorawa
11. Warnet di Jalan Dahlan Tanjung, Kecamatan Tanjungmorawa
12. Warnet di Jalan Batang Kuis, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis
13. Toko Grosir Pajak Deli Mas, Lubukpakam
14. Toko Playstation, Pantai Cermin, Sergai
15. Toko Grosir belakang pajak buah Berastagi, Karo
16. Toko Ponsel Tebingtinggi
17. Toko Playstation, Jalan Voli, Siantar
18. Warnet Bali Pematang Siantar
19. Warnet Jalan Medan-Siantar, Kecamatan Lubukpakam
20. Ruko penjual tabung gas milik Sopar Sitorus di Jalan Sekip, Lubukpakam
21. Toko Ponsel Kecamatan Galang, Deliserdang
22. Toko elektronik di Kecamatan Galang
23. Toko Ponsel samping pos polisi Kecamatan Perbaungan, Sergai
24. Toko Grosir dekat terminal Tarutung, Tapanuli Utara



Subscribe to receive free email updates: