Menhub Janji, Maret Pelabuhan Kuala Tanjung Ditargetkan Selesai Dibangun



TASLAB NEWS, BATUBARA– Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Batubara ditargetkan akan selesai pada bulan Maret 2018.



Gubsu Tenggku Erry dan Menhub saat meninjau pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung, Batubara.
Gubsu Tenggku Erry dan Menhub saat meninjau pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung, Batubara.

Itu dikatakan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Ia memperkirakan pada April 2018 sudah beroperasi, sehingga dapat menarik investor sebanyak-banyaknya. Pelabuhan ini juga didukung dengan moda kereta api yang terintegrasi dan ditargetkan untuk jalur kereta api Bandar Tinggi-Kuala Tanjung akan tuntas akhir tahun ini.

“Untuk jalur kereta api mungkin akan selesai akhir tahun ini, bersamaan dengan itu pelabuhan Kuala Tanjung juga akan selesai bulan Maret, sehingga April sudah berjalan. Untuk sementara, pelabuhan ini akan di-support dengan jalur jalan raya melalui jalan tol,” ujarnya saat meninjau progress pembangunan jalur KA dan Pelabuhan Kuala Tanjung, di Kabupaten Batubara, Rabu (17/1).

Dikatakan Menhub, sejauh ini pembangunan pelabuhan Kuala Tanjung tidak ada mengalami kendala, sehingga pemerintah sudah dapat segera menarik investor sebanyak-banyaknya.

Apalagi pelabuhan ini, lanjut dia didukung dengan sistem transportasi yang terintegrasi, ada jalan raya melalui jalan tol, jalur kereta api dan pelabuhan, tentunya akan banyak investor yang mau berinvestasi.

“Selama ini pelabuhan-pelabuhan Singapura dan Port Klang yang digunakan nanti bisa pindah ke sini,” terang Budi.

Sementara Gubsu Tengku Erry Nuradi mengharapkan Pelabuhan Kuala Tanjung dapat menjadi kebanggaan masyarakat Sumut. Dimana pelabuhan ini memiliki potensi yang besar yang dapat menampung beberapa industri berskala nasional, selain itu juga ada pengembangan kawasan industri yang bisa menunjang pelabuhan.

Hadir dalam peninjauan itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono, Gubsu Tengku Erry Nuradi, Dirut PT Pelindo I Bambang Eka, Direktur Prasarana Perkeretaapian Zamrides, Dirut PT Prima Multi Terminal Hosaidi Apriza Putra, Kepala Kanwil Ditjen Bea Cukai Sumut Oza Olivia dan Plt Bupati Batubara RM Harry Nugraha. (syaf/int)


Subscribe to receive free email updates: