Hasil Survei Popularitas Calon Gubsu Edy-Ijek Tertinggi, JR Saragih-Ance Terendah 


TASLAB NEWS, MEDAN-Hasil survei yang digelar media Survei Nasional (Median) calon gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah (Edy-Ijek) mrnempati posisi pertama dengan persentase 33,1 persen. Di bawahnya ada Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus 19,2 persen.

Calon Gubernur Sumut Jr Saragih, Edy, dan Djarot.
Calon Gubernur Sumut Jr Saragih, Edy, dan Djarot.



Sementara duet JR Saragih-Ance Selian berada di urutan paling buncit dengan elektabilitas 10,5 persen. Sedangkan yang belum menetukan pilihan 37,2 persen. Persentase tersebut setelah peneliti mengajukan pertanyaan kepada responden, tentang siapakah yang akan dipilih sebagai gubernur dan wakil gubernur bila pilkada digelar hari ini.

"Jawaban mereka 33,1 persen akan memilih Edy Rahmayadi-Ijek; 19,2 persen akan memilih Djarot-Sihar Sitorus; 10,5 persen akan memilih JR. Saragih-Ance. Sedangkan 37,2 persen masih belum menentukan pilihan," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun dalam siaran persnya, Selasa (6/2).

Dari sisi ketokohan, kata Rico, populeritas ketiga pasangan tersebut tetap masih dipegang Edy Rahmayadi pada urutan pertama. Begitu pula dari calon wakil gubernur, sosok Musa Rajekshah juga berada di urutan pertama.

“Ketika kami tanyakan, apakah Anda mendengar nama-nama tokoh ini, sambil menyebutkan nama calon gubernur dan calon wakil gubernur. Edy Rahmayadi menempati peringkat pertama dengan popularitas 74,5 persen, diikuti Djarot saiful Hidayat 72,1 persen, JR. Saragih 59,8 persen, Musa Rajeckshah 35,5 persen, Sihar Sitorus 16,9 persen, dan Ance Selian 7,0 persen," katanya.

Survei dilakukan pada tanggal 16 hingga 25 Januari 2018 dengan sampel 1.200 warga Sumut yang telah memiliki hak pilih. Teknik menggunakan multistage random sampling, dengan margin of error sebesar 3,4% pada tingkat kepercayaan 95%, dan quality control 20% dari sampel yang ada.

Pasangan Edy-Ijeck ini didukung sejumlah partai politik. Mulai dari Partai Perindo, Golkar, Gerindra, PKS, PAN, Nasdem, hingga Hanura. Sementara Djarot-Sihar didukung PDIP dan PPP, serta R Saragih-Ance Selian Demokrat, PKB dan PKPI. (syaf/okc/int)

Subscribe to receive free email updates: