Tanjungbalai Kejar Predikat B Untuk SAKIP 2018

TASLAB NEWS, TANJUNGBALAI-Pemko Tanjungbalai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagei. Tujuan rakor tersebut untuk mengejar predikat B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 2018 ini.

Rakor Penyusunan dan Coaching Clinic SAKIP di Pantai Cermin, Sergei.
(Ignatius Siagian/TASLAB NEWS.COM)
Walikota Tanjungbalai H M Syahrial didampingi Harry Sukamto perwakilan Kemenpan-RB dan H Ahmad Senaan Asisten I Setdakot Tanjungbalan dalam Rakor Penyusunan dan Coaching Clinic SAKIP di Pantai Cermin, Sergei.


Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Organisasi dan Tata laksana (ORTA) Setdakot Tanjungbalai Hamdani SE kepada taslabnews.com, Selasa (27/2).

"Pada tahun 2017 lalu, SAKIP Kota Tanjungbalai berhasil meraih predikat CC. Oleh karena itu, pada tahun 2018 ini, kita harus berhasil meningkatkan prestasi tersebut dengan meraih predikat B," ujar Hamdani.


Menurut Hamdani, dilaksanakannya rakor penyusunan SAKIP di Pantai Cermin, Kabupaten Sergei tersebut adalah untuk meningkatkan semangat gotong royong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemko Tanjungbalai.

Namun, lanjutnya, evaluasi kinerja akan terus dilakukan guna mewujudkan efisiensi dalam pelaksanaan anggaran sehingga tercipta percepatan peningkatan kesejahteraan rakyat.


Hal itu juga dibenarkan oleh Nurmalini Marpaung SSos MIkom, Kabag Humas dan Protokol Setdakot Tanjungbalai.

Ditemui terpisah, Nurmalini Marpaung mengatakan, bahwa Rakor Penyusunan dan Coaching Clinic SAKIP di Pantai Cermin tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Tanjungbalai H M Syahrial di dampingi Harry Sukamto, Kepala Bagian Perencanaan Kinerja dan Penganggaran dari Kemenpan-RB.

"Walikota berharap, agar melalui Rakor SAKIP tersebut, apa yang menjadi tujuan dan sasaran strategis dari setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemko Tanjungbalai dapat tercapai dengan peningkatan kinerja yang optimal.Selain itu, Walikota juga berpesan agar dalam perencanaan dan penyusunan program tahunan pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menghindari terjadinya penghamburan anggaran", ujar Nurmalini Marpaung.



Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Leiden Butar-butar SE yang dihubungi terpisah, mengaku turut hadir dalam Rakor Penyusunan SAKIP di pantai Cermin tersebut. Katanya, sepanjang dilaksanakan untuk memupuk kerjasama dalam upaya optimalisasi kinerja, Rakor di Pantai Cermin tersebut masih bisa dimaklumi.

“Nilai yang akan diraih hanyalah hasil akhir, yang terpenting adalah proses wujud semangat gotong royong yang ditunjukkan dengan kinerja aparatur yang optimal. Selain itu, kita juga berharap agar setiap OPD tidak hanya berpikir untuk penyerapan anggaran namun perlu juga diperhatikan capaian indikator kinerjanya,” pungkas Leiden Butar-butar.

Seperti diketahui, pekan lalu, Pemko Tanjungbalai telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan dan Coaching Clinic Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kota Tanjungbalai yang dilaksanakan di Theme Park Resort dan Hotel Pantai Cermin, Sergei. Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari yakni dari tanggal 23 s/d 25 Februari 2018 yang diikuti 130 peserta yang berasal dari OPD se Pemko Tanjungbalai. (ign/syaf)



Subscribe to receive free email updates: